RPW III AMAN KALTENG 2022 RESMI DILAKSANAKAN!

Jum’at 17 Juni 2022 Rapat Pengurus Wilayah III AMAN Kalimantan Tengah dilangsungkan secara hybrid online dan offline di Rumah AMAN Kalimantan Tengah Jl. Beliang Induk No. 184 Kota Palangka Raya. Belasan peserta yang terdiri dari Dewan AMAN Wilayah (DAMANWIL) Kalimantan Tengah, Badan Pelaksana Harian (BPH) AMAN Wilayah Kalimantan Tengah beserta Organisasi Sayap AMAN yaitu Pengurus Harian Daerah PEREMPUAN AMAN Barito Timur hadir secara offline dalam Rapat Pengurus Wilayah (RPW) III AMAN Kalimantan Tengah tahun 2022 ini.  Sementara peserta yang hadir secara online (via aplikasi meeting zoom) yaitu Ibu Lusia selaku anggota Dewan AMAN Nasional (DAMANNAS) Region Kalimantan dan Ibu Tara Mulia selaku anggota DAMANWIL Kalteng.

RPW yang sebelumnya terakhir dilakukan pada tahun 2020 lalu kembali dilakukan ditahun ini dimulai sejak pukul 10.00 WIB – 20.30. WIB.

Ferdi Kurnianto selaku Ketua BPHW Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kalimantan Tengah dalam sambutannya sebelum RPW III dibuka menyatakan rasa syukurnya atas RPW yang dapat terlaksana ditahun ini mengingat agenda RPW adalah agenda tahunan namun tak terlaksana selama 2 (dua) tahun terakhir karena kondisi covid dan berbagai alasan lainnya.

“Terimakasih dan rasa syukur saya atas terlaksananya RPW tahun ini dan kita dapat berkumpul ditempat ini, karena dalam beberapa tahun terakhir agenda tahunan ini belum terlaksana karena situasi pandemi covid-19. Dalam agenda RPW III ini ada beberapa isu strategis yang akan kita diskusikan, baik itu penyampaian Laporan Perkembangan Penyelenggaraan Organisasi dari kami BPHW, Persiapan Musyawarah Wilayah III AMAN Kalteng, Persiapan menuju Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI), Pembenahan Organisasi Pengurus Daerah, serta update Informasi Organisasi Sayap AMAN baik itu PEREMPUAN AMAN, BPAN (Barisan Pemuda Adat Nusantara), dan PPMAN yang ada dilingkup Kalimantan Tengah hingga situasi dinamika Masyarakat Adat yang ada di Kalimantan Tengah.” ujarnya.

 

dari kiri; Nou Don Yusias, Isang Ipui, Ferdi Kurnianto, Sarwepin, Martin Suber.

“Selamat pagi kepada semua peserta yang hadir pada saat ini dan kembali saya mengingatkan kita sebagai Pengurus AMAN dan insan secara organisasi yang fokus dalam menangani masyarakat adat yang sampai saat ini masih banyak menghadapi konflik berkepanjangan. Dalam banyak kegiatan yang selama ini kita sudah lakukan, akan dapat pola kerja kita secara organisasi sehingga harapannya ke depan ada peningkatan kerja organisasi yang terjadi serta mempererat hubungan kita kepada masyarakat adat khususnya anggota AMAN. Untuk RPW yang berlangsung hari ini, dengan ini resmi saya buka”, ucap pak Isang Ipui selaku Ketua Dewan AMAN Wilayah Kalimantan Tengah dalam sambutannya yang juga sekaligus membuka RPW AMAN Kalimantan Tengah tahun ini.

Pada rapat kali ini juga, terdapat paparan yang disampaikan oleh Kepala Bagian Keuangan BPHW AMAN Kalteng, Ros Siana. Lewat paparannya, ia menyampaikan detail Laporan Keuangan Organisasi AMAN Kalteng kepada semua peserta yang hadir, terkhususnya kepada semua DAMANWIL Kalteng. Ros Siana menyampaikan situasi Keuangan BPHW saat ini yang sebagian besar masih bersumber dari dukungan Pengurus Besar AMAN serta Kerjasama Program dengan Mitra/ Donatur yang sifatnya tidak mengikat. Selain itu, mekanisme manajemen keuangan di BPHW juga mewajibkan adanya saving keuangan dari program-program yang ada, hal ini untuk memastikan operasional BPHW akan tetap tersedia untuk bisa terus mengimplementasikan Program Kerja organisasi kedepan.

“Skema seperti ini sudah kami lakukan di Pengurus Wilayah selama beberapa tahun terakhir. Kami menerapkan keterbukaan, transparansi dan komunikasi dengan semua staf dan pengurus yang ada. Saya selalu sampaikan, bahwa kita jangan berpikir bahwa organisasi hanya untuk hari ini saja tetapi untuk panjang ke depan”, ucapnya saat menutup paparannya.

Dari Rapat Pengurus Wilayah Kali ini menghasilkan keputusan dan kebijakan organisasi, yang beberapa diantaranya seperti :

  1. Pelaksanaan Musyawarah Wilayah III (MUSWIL III) AMAN Kalteng akan dilaksanakan di Palangka Raya pada tanggal 15 -18 September 2022 akan datang. Teknis dan Persiapan segera ditindaklanjuti dan dilaksanakan oleh Panitia MUSWIL yang telah dibentuk, termasuk dalam hal Penjaringan Nama Bakal Calon Ketua BPHW AMAN Kalteng Periode 2022-2027 dan sebagainya;
  2. Mewajibkan kepada PD AMAN yang telah berakhir masa kepengurusannya untuk segera melaksanakan Musyawarah Daerah (MUSDA) sebelum tanggal pelaksanaan MUSWIL III AMAN Kalteng;
  3. Membekukan kepengurusan PD AMAN Murung Raya I dan PD AMAN Kapuas II yang telah lama tidak aktif. Untuk sementara diambil alih kepengurusannya langsung oleh PW AMAN Kalteng untuk dibenahi sesuai AD/ART AMAN;
  4. Pembenahan penyelenggaraan organisasi PD AMAN Seruyan dan PD AMAN Katingan;
  5. Mempersiapkan hal teknis dilingkup Kalimantan Tengah untuk memastikan kelancaran pelaksanaan KMAN VI Jayapura pada bulan Oktober akan datang;
  6. PW AMAN akan memberikan dukungan dan informasi peluang pendanaan kepada Organisasi Sayap (OS) AMAN (BPAN, PPMAN dan PEREMPUAN AMAN), serta memfasilitasi upaya rekonsiliasi antara OS dan Pengurus AMAN pada tingkat daerah;
  7. Rapat Pengurus Wilayah IV (RPW IV) akan kembali dilaksanakan pada tanggal 30-31 Agustus 2022 sebelum pelaksanaan MUSWIL.

Sebelum menutup RPW tahun ini, semua peserta yang hadir diberikan kesempatan menyampaikan kesan dan harapannya ke depan terkait organisasi dan bagaimana kita sebagai insan didalamnya dapat saling membantu dalam menghadapi kendala kendala ke depan.

“Saya berharap orang – orang yang ada di organisasi AMAN Kalteng saat ini tetap bertahan karena apa yang sudah kita lakukan saat ini telah baik dan pastinya bisa lebih mengerti bagaimana tentang kepengurusan organisasi khususnya dalam mempersiapkan MUSWIL selanjutnya serta KMAN VI nanti,” ujar Sarwepin yang merupakan salah satu anggota Dewan AMAN Wilayah Kalimantan Tengah.

Ariti selaku Ketua PHD PEREMPUAN AMAN Barito Timur juga menyampaikan optimismenya terkait organisasi ke depan,

”Saya sangat bersyukur hari ini bertemu dengan orang orang hebat dengan tingkat kesadaran organisasinya yang tinggi. Kedepannya saya berharap agar komunikasi dan koordinasi kita dapat terjalin lebih baik lagi. Terus bimbing kami dalam menjalankan mandat ini. Sungguh pengalaman yang luar biasa hari ini”.

Melalui RPW III tahun 2022 ini memastikan kesiapan pelaksanaan Musyawarah Wilayah III AMAN Kalteng pada bulan September 2022 dan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 di Komunitas Adat Tabi, Sentani, Jayapura dapat terlaksana dengan lancar nantinya sehingga dapat kembali memperkuat posisi Masyarakat Adat dan AMAN secara organisasi sebagaimana harapan saat Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara 2022 (HKMAN 2022) yaitu Tangguh di Tengah Krisis, Perkuat Solidaritas dan Pulihkan Kedaulatan!; untuk mencapai tujuan Masyarakat Adat yang Berdaulat, Mandiri dan Bermartabat.

#AMANKALTENG #SahkanRUUMasyarakatAdat #masyarakatadat

 

ap/infokomamankalteng

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.